Pengertian Monitor dan Fungsinya beserta Gambarnya - Sebuah monitor (atau layar) adalah unit display komputer. Umumnya, ada dua jenis monitor:
a. Pengertian Monitor CRT adalah monitor tabung sinar katoda (atau CRT), yang digunakan dengan kebanyakan komputer desktop. Mereka berat dan tebal, dan menggunakan banyak listrik.
Gambar monitor tabung atau CRT
b. Pengertian monitor LCD adalah Monitor layar datar digunakan dengan kebanyakan komputer laptop, personal digital assistant (PDA), dan kamera digital, serta peningkatan jumlah komputer desktop. Monitor ini lebih tipis dan kurang menggunakan banyak listrik
Gambar monitor LCD
Definisi: jumlah piksel yang layar dapat ditampilkan. Nomor ini biasanya antara 640x480 (640 pixel panjang, 480 piksel lebar) dan 2048x1536, tetapi lebih tinggi resolusi secara teknis mungkin. Tabel di bawah ini memberikan definisi direkomendasikan berdasarkan pada ukuran layar yang diagonal:
a. Pengertian Monitor CRT adalah monitor tabung sinar katoda (atau CRT), yang digunakan dengan kebanyakan komputer desktop. Mereka berat dan tebal, dan menggunakan banyak listrik.
Gambar monitor tabung atau CRT
b. Pengertian monitor LCD adalah Monitor layar datar digunakan dengan kebanyakan komputer laptop, personal digital assistant (PDA), dan kamera digital, serta peningkatan jumlah komputer desktop. Monitor ini lebih tipis dan kurang menggunakan banyak listrik
Gambar monitor LCD
Fungsi Monitor :
Monitor sebagai perangkat keras komputer berfungsi sebagai perangkat Output dari memori komputer atau CPU (central processing unit) berupa biner. Fungsi lain dari monitor adalah menampilkan data-data baik berupa grafis tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannyaSpesifikasi
Spesifikasi yang paling umum untuk monitor adalah:Definisi: jumlah piksel yang layar dapat ditampilkan. Nomor ini biasanya antara 640x480 (640 pixel panjang, 480 piksel lebar) dan 2048x1536, tetapi lebih tinggi resolusi secara teknis mungkin. Tabel di bawah ini memberikan definisi direkomendasikan berdasarkan pada ukuran layar yang diagonal:
Diagonal | Definition |
---|---|
15 | 800x600 |
17 | 1024x768 |
19 | 1280x1024 |
21 | 1600x1200 |
Ukuran: ini dihitung dengan mengukur layar itu diagonal, dan dinyatakan dalam inci (inci adalah sekitar 2,54 cm). Hati-hati untuk tidak membingungkan definisi layar dengan ukuran. Setelah semua, layar ukuran tertentu dapat menampilkan definisi yang berbeda, meskipun dalam layar umum yang berukuran lebih besar memiliki definisi tinggi. Ukuran layar standar adalah sebagai berikut (daftar ini adalah non-lengkap):
- 14 inci, diagonal sekitar 36 cm;
- 15 inci, diagonal sekitar 38 cm;
- 17 inci, diagonal sekitar 43 cm;
- 19 inci, diagonal sekitar 48 cm;
- 21 inci, diagonal sekitar 53 cm.
Dot pitch: ini adalah jarak antara dua fosfor; yang lebih kecil itu, yang lebih tepat gambar adalah. Sebuah dot pitch sama dengan atau kurang dari 0,25 mm akan nyaman untuk digunakan, sedangkan monitor dengan dot pitch sama atau lebih besar dari 0,28 mm harus dihindari.
Resolusi: ini menentukan jumlah pixel per unit permukaan (diberikan dalam inci linear). Hal ini disingkat DPI, untuk Dots Per Inch. Sebuah resolusi 300 dpi berarti 300 kolom dan 300 baris pixel per inci persegi, yang berarti bahwa ada 90.000 piksel per inci persegi. Sebagai perbandingan, resolusi 72 dpi berarti bahwa satu pixel adalah 1 "/ 72 (satu inci dibagi dengan 72) atau 0,353 mm, yang sesuai dengan salah satu pica (unit ketik).
Mode Grafis
Mode grafis merujuk pada bagaimana informasi ditampilkan pada layar, dalam hal definisi dan jumlah warna. Ini merupakan kemampuan kartu grafis untuk menangani rincian, atau kemampuan memantau untuk menampilkan mereka.MDA
MDA (Monochrome Display Adapter), yang muncul pada tahun 1981, adalah mode tampilan untuk monitor monokrom, yang bisa menampilkan teks dalam 80 kolom dan 25 baris. Mode ini hanya bisa menampilkan ASCII karakter.
CGA
Modus CGA (warna grafis adaptor) muncul pada tahun 1981 tak lama setelah MDA, dengan rilis dari PC (personal computer). mode grafis ini termasuk:
Ditingkatkannya display mode teks, dengan kemampuan untuk menampilkan karakter dalam 4 warna
Grafis tampilan modus yang bisa menunjukkan piksel dalam 4 warna dengan resolusi 320 piksel oleh 200 piksel (320x200)
EGA
Modus EGA (Enhanced Graphic Adapter) dirilis pada awal tahun 1985. Ini bisa menampilkan 16 warna dengan resolusi 640 oleh 350 piksel (640x350), grafis jauh lebih halus daripada yang mungkin dalam modus CGA.
VGA
Modus VGA (Video Graphics Array) muncul pada tahun 1987. Ini menawarkan resolusi 720x400 dalam mode teks dan resolusi 640 x 480 (640x480) dalam mode grafis 16-warna. Hal ini juga bisa menampilkan 256 warna dengan definisi 320x200 (mode juga dikenal sebagai MCGA untuk Multi-Color Graphics Array). VGA dengan cepat menjadi mode tampilan dasar untuk PC.
XGA
Pada tahun 1990, IBM memperkenalkan XGA (Graphics eXtended Array). Versi 2 dari mode tampilan ini, dijuluki XGA-2, menawarkan resolusi 800x600 di 16 juta warna dan 1024x768 di 65536 warna.
SVGA
SVGA (Super Video Graphics Array) adalah modus grafis yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640x200, 640x350 dan 640x480. SVGA juga dapat menampilkan definisi tinggi seperti 800x600 atau 1024x768 dengan menggunakan warna-warna yang lebih sedikit.
SVGA
SVGA (Super Video Graphics Array) adalah modus grafis yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640x200, 640x350 dan 640x480. SVGA juga dapat menampilkan definisi tinggi seperti 800x600 atau 1024x768 dengan menggunakan warna-warna yang lebih sedikit.
VESA
Dalam rangka untuk menebus kurangnya standarisasi dalam mode grafis, konsorsium produsen graphics card utama diciptakan (VESA, Video Association Standard Elektronik) untuk mengembangkan standar grafis.
SXGA
The SXGA (Super eXtended Graphics Array) standar, yang didefinisikan oleh konsorsium VESA, mengacu pada resolusi 1280x1024 dengan 16 juta warna. Mode ini ditandai dengan rasio layar 5: 4, tidak seperti mode lainnya (VGA, SVGA, XGA, UXGA).
UXGA
Modus UXGA (Ultra eXtended Graphics Array) menggunakan resolusi 1600 x 1200 dengan 16 juta warna.
WXGA
Modus WXGA (Wide eXtended Graphics Array) menggunakan resolusi 1280 x 800 dengan 16 juta warna.
Baca Juga : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
WSXGA
Modus WSXGA (Wide eXtended Graphics Array) menggunakan resolusi 1600 x 1024 dengan 16 juta warna.
WSXGA +
WSXGA + modus (Wide super eXtended Graphics Array +) menggunakan resolusi 1680 x 1050 dengan 16 juta warna.
WUXGA
Modus WUXGA (Wide eXtended Graphics Array) menggunakan resolusi 1920 x 1200 dengan 16 juta warna.
QXGA
Modus QXGA (Wide eXtended Graphics Array) menggunakan resolusi 2048 x 1536 dengan 16 juta warna.
QSXGA
Modus QSXGA (Wide eXtended Graphics Array) menggunakan resolusi 2560 x 2048 dengan 16 juta warna.
QUXGA
Modus QUXGA (Ultra eXtended Graphics Array) menggunakan resolusi 32000 x 2400 dengan 16 juta warna.
sebelum menutup atrikel Pengertian Monitor dan Fungsinya beserta Gambarnya , sebaiknya lihat dulu ringkasan dibawah ini.
Ringkasan
Tabel di bawah ini merangkum berbagai resolusi, serta rasio yang sesuai:
Ringkasan
Tabel di bawah ini merangkum berbagai resolusi, serta rasio yang sesuai:
Display format | Horizontal resolution | Vertical resolution | Number of pixels | Ratio |
---|---|---|---|---|
VGA | 640 | 480 | 307,200 | 1 |
SVGA | 800 | 600 | 480,000 | 1.56 |
XGA | 1024 | 768 | 786,432 | 2.56 |
SXGA | 1280 | 1024 | 1,310,720 | 4.27 |
SXGA+ | 1400 | 1050 | 1,470,000 | 4.78 |
SXGA+ | 1280 | 1024 | 1,310,720 | 4.27 |
UXGA | 1600 | 1200 | 1,920,000 | 6.25 |
QXGA | 2048 | 1536 | 3,145,728 | 10.2 |
QSXGA | 2560 | 2048 | 5,242,800 | 17.1 |
QUXGA | 3200 | 2400 | 7,680,000 | 25 |
0 komentar:
Post a Comment